Minggu, 17 Mei 2015

Smart TV

Smart TV kata yang satu ini mungkin sering terdengar di telinga. Namun, mungkin tak semua orang mengerti apa yang membedakan sebuah smart TV jika dibandingkan dengan TV biasa. Perkembangan OS open source Android
nampaknya menjadi salah satu revolusi besar dalam perkembangan smart TV. Sejak munculnya OS Android, banyak produsen elektronik yang mulai memperkenalkan produk smart TV miliknya.

Smart TV memang tidak bisa jauh dari yang namanya sistem operasi. Berkat adanya sistem operasi tersebut, sebuah smart TV bisa menjadi lebih ‘pintar’ dibandingkan dengan TV konvensional. Berbagai hal selain menyajikan siaran televisi pun bisa dihadirkan oleh sebuah smart TV. Dari browsing di internet, menjalankan sebuah aplikasi Android ataupun bermain game. Dan, Anda tidak membutuhkan perangkat tambahan untuk melakukan hal tersebut. Smart TV juga bisa digunakan sebagai IPTV. Secara umum, kemampuan sebuah smart TV hampir mirip dengan komputer.
                                               

              Untuk menghubungkan sebuah smart TV dengan internet, biasanya terdapat fitur WiFi yang dimilikinya. Selain itu, tak sedikit juga smart TV yang support dengan kabel ethernet. Selain itu, sebuah smart TV Android biasanya juga bisa dihubungkan dengan handphone Android. Tentunya untuk melakukan hal ini Anda membutuhkan sebuah aplikasi tambahan. Dengan aplikasi tambahan itu, Anda bisa membuat handphone Android Anda menjadi remote control smart TV.
SAMSUNG
1.     The most advanced way to control your Smart TV

Smart Interaction akan memberikan Anda pengalaman baru dalam mengendalikan fitur-fitur menarik yang tersedia. Dengan Voice Control, Anda dapat mengendalikan TV dengan perintah suara, sedangkan Motion Control akan memberikan Anda kebebasan mengendalikan TV dengan gerakan tangan.Voice Control- Mengubah saluran TV (contoh: 'Channel Up') dan volume (contoh: 'Volume Up'). - Menyebutkan nama fitur (contoh: 'Smart Hub')Motion Control- Perbesar tampilan gambar dengan menggerakan kedua tangan.

- Memilih icon volume dengan mengepalkan tangan.Face Recognition- Login ke Smart Hub dan Skype hanya dengan berdiri didepan kamera TV Anda. * Smart Interaction membutuhkan akses internet dan tidak tersedia dalam semua bahasa dan wilayah. * Kinerja Voice Control tergantung pada bahasa yang digunakan, logat, dan keadaaan lingkungan sekitarnya.

LG
FLICKER-FREE 3D

Tidak seperti TV 3D konvensional, LG CINEMA 3D Smart TV telah tersertifikasi bebas kedipan dan mampu memberikan gambar 3D lebih tajam. Mata lebih mudah menangkap gambar yang jelas dan jernih.
SHARP
SMART POWER CONTROL



Fitur pintar ini mampu mendeteksi pergerakan pengguna sehingga secara otomatis TV akan mati ataupun menyala. Ketika pengguna menjauh dari televisi, maka layar akan mati namun suara tetap menyala sesuai dengan waktu yang diinginkan. Televisi akan menyala kembali saat penggunanya berjalan mendekati televisi. Yang istimewa, sebelum mematikan atau menyalakan televisi secara otomatis, Cocoro Eye akan terlebih dahulu ‘berbicara’ untuk memberi tahu penggunanya.

KESIMPULAN

Seiring berkembangnya zaman, perkembangan teknologi pun semakin pesat. TV konvensional biasa yang berfungsi untuk menonton suatu acara saja sekarang telah dikembangkan menjadi sebuah smart TV atau TV pintar  yang dapat berfungsi layaknya gadget untuk memanjakan penggunanya. Seberapa penting sebuah smart TV tergantung dari tujuan  pengguna membeli produk tersebut.
Brand terkenal seperti Samsung, Sony, LG, dan Sharp pun tidak mau ketinggalan terus meluncurkan produk andalan masing-masing dengan ciri dan keunggulan tertentu. Seperti Samsung dengan fitur smart evolution sehingga pengguna dapat kapan saja mengupgrade smart TV miliknya dengan fitur-fitur terbaru milik Samsung, fitur clean view sehingga pengguna dapat melihat layar dengan keadaan lebih jernih apapun channelnya. LG dengan smart TV berjenis 3D miliknya sehingga pengguna dapat menikmati layar seperti berada dalam bioskop, Sharp dengan produk Cocoro eye (mata hati) terbaru miliknya, pengguna dimanjakan dengan fitur yang serba otomatis, misal jika kita mendekat layar akan otomatis menyala, dan sebaliknya apabila menjauh layar otomatis mati, dengan pemberitahuan terlebih dahulu tentunya.
Masing-masing produk memiliki ciri khas tersendiri, dengan beberapa smart TV handal tersebut membuat kita mudah untuk melakukan apa saja karena fasilitasnya yang super lengkap seperti gadget lainnya. Kita tidak akan kecewa dengan fitur-fitur menawan yang disematkan dalam smart TV tersebut.

source : Tugas APTI II saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar