Senin, 16 Maret 2015

Pembelian Domain Webhostmu

CARA PEMBELIAN/PEMESANAN DOMAIN di WEBHOSTMU

 


1.       Langkah pertama yaitu masuk ke situs penyedia domain dan hosting yang dikehendaki. Saya mengambil contoh penyedia layanan domain dan hosting Webhostmu, silakan masuk ke situsnya www.webhostmu.com kemudian pilih menu Domain


2.       Cek ketersediaan nama domain yang ingin digunakan. Karena menggunakan jenis usaha toko buku, saya memakai nama domain rikkareadd dan memakai domain .com kemudian klik tombol CEK
3.       Akan muncul halaman hasil pengecekan domain, jika domain tersedia maka akan muncul pesan Selamat! Rikkareadd.com tersedia! *contoh, masukkan kode yang tertera pada layar komputer kemudian klik Transfer Domain

4.       Halaman selanjutnya akan muncul langkah-langkah yang harus diselesaikan, langkah pertama yaitu memilih paket hosting yang diinginkan dan klik tombol Pesan
5.       Langkah kedua yaitu memilih domain, disini ada tiga pilihan: mendaftarkan domain baru, memperpanjang domain, dan mengupdate nameserver bagi yang telah memiliki domain. Saya memilih Webhostmu mendaftarkan domain baru. Klik Lanjutkan.

6.       Masih pada langkah kedua, jika telah memilih domain selanjutnya tentukan nama domain yang akan digunakan. Saya menggunakan nama domain rikkareadd.com dan tersedia.
7.       Klik Lanjutkan.
8.       Langkah ketiga Konfigurasi Produk. Disini akan muncul paketan yang telah kita pilih pada langkah pertama, jika telah sesuai klik Pesan.
9.       Kemudian Konfigurasi Domain. Pilih sesuai keinginan, klik Lanjutkan.
10.   Pada langkah keempat Konfirmasi Pesanan. Akan tampil icon-icon yang telah kita pesan seperti paket hosting dan domain. Klik Selesaikan Pemesanan.
11.   Langkah kelima atau tahap terakhir pemesanan domain yaitu Selesaikan Pemesanan. Pada tahap ini akan tampil rincian akun profil yang harus kita isi dengan sebenarnya dan total yang harus dibayarkan melalui transfer bank.
12.   Setelah mengisi dengan lengkap dan telah menyetujui persyaratan dengan  memberi tanda ceklist, klik tombol Selesaikan Pemesanan.

Cara Konfirmasi Pembayaran
Untuk melakukan konfirmasi pembayaran / transfer, Anda bisa memberikannya dalam bentuk scan atau foto tergantung dari jenis bukti transfernya.
Bukti transfer bisa berbentuk :
  1. Scan / foto dari struk transaksi ATM atau setoran tunai saat Anda melakukan proses transfer.
  2. SMS konfirmasi “transfer berhasil” yang Anda dapatkan dari bank saat proses transfer melalui M-Banking / SMS-Banking berhasil (khusus untuk SMS / Mobile Banking).
  3. PrintScreen / scan gambar dari tampilan konfirmasi “transfer berhasil” (tampilan gambar di layar monitor saat proses transfer berhasil) untuk internet banking.
  4. Email konfirmasi “transfer berhasil” dari bank (khusus internet banking).
Salah satu bentuk bukti transfer diatas bisa dikirimkan melalui salah satu cara dibawah ini (sesuaikan dengan jenis bukti transfernya) yang paling memungkinkan untuk Anda :
  • Email: cs@webhostmu.com
  • SMS: 0818246224


Pada saat penyampaian konfirmasi tersebut, harap Anda lampirkan data-data berikut:
  • Nama Domain (untuk produk yang bersangkutan)
  • Nama lengkap Anda
  • Alamat email (yang digunakan untuk mendaftar akun / layanan di Webhostmu)
  • Nomor telepon yang bisa dihubungi
  • Jumlah tagihan yang dibayarkan
  • Nomor invoice
Pengaktifan produk yang Anda pesan (hosting, domain atau yang lainnya) akan di proses setelah pihak webhost menerima bukti transfer. Webhost tidak dapat bertanggung jawab atas keterlambatan aktifasi pemesanan atau pemesanan tidak diproses jika Anda tidak melakukan pembayaran atau konfirmasi pembayaran dengan benar.

Cara Login Ke Area Klien Webhostmu
Area Klien merupakan portal member area bagi pelanggan Webhostmu. Di dalamnya terdapat informasi layanan yang digunakan, seperti tanggal jatuh tempo layanan, informasi tagihan, fitur upgrade dan downgrade layanan, dan bahkan Anda dapat login ke cPanel hosting melalui Area Klien ini tanpa harus menginputkan username dan password.
Di dalamnya juga terdapat fasilitas Domain Manager (DNS Management), dimana Anda dapat mengelola domain-domain Anda yang didaftarkan melalui Webhostmu.
Untuk masuk ke fasilitas Area Klien ini, Anda harus menggunakan username dan password yang pernah diberikan. Kemudian informasi mengenai username dan password ke Area Klien ini bisa Anda dapatkan melalui Email Registrasi dengan subyek: [Registrasi] Selamat Bergabung di Webhostmu
Setelah itu, untuk masuk ke halaman Client Area ini, bisa melalui beberapa cara:
  1. Melalui link: https://my.webhostmu.com/, kemudian klik tombol “Secure Client Login”, atau melalui tombol “Account” kemudian klik “Login”.
  2. Melalui link: https://my.webhostmu.com/clientarea.php.
Setelah muncul form login, masukkan username dan password yang Anda. Jika Anda lupa, Anda bisa cek kembali email registrasi member yang pernah dikirimkan.
Jika Anda lupa password yang pernah digunakan, Anda bisa klik “Lupa Password”atau “Reset Password” yang nantinya akan mengirim password baru ke email Anda.

Nah, jika Anda lupa email yang pernah Anda gunakan, silahkan hubungi pihak Webhost.

source : Tugas APTI II & www.webhostmu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar